Minggu, 02 Juni 2013

Efisiensi dan Kualitas Pendidikan


Mengapa efisiensi dan kualitas pendidikan harus terus ditingkatkan?
Pokok permasalahan pendidikan  yang ada pada saat ini adalah efisiensi  dan kualitas pendidikan. Maksud efisiensi adalah apabila sasaran dalam bidang pendidikan dapat dicapai secara efisien atau berdaya guna. Artinya pendidikan akan dapat memberikan hasil yang baik dengan tidak menghamburkan sumber daya yang ada, seperti uang, waktu, tenaga dan sebagainya.
Pelaksanaan proses pendidikan yang efisien adalah apabila pendayagunaan sumber daya seperti waktu, tenaga dan biaya tepat sasaran, dengan lulusan dan produktifitas pendidikan yang optimal. Pada saat sekarang ini, pelaksanaan pendidikan di Indonesia jauh dari efisien, dimana pemanfaatan segala sumber daya yang ada tidak menghasilkan lulusan yang diharapkan. Banyaknya pengangguran di Indonesia lebih dikarenakan oleh kualitas pendidikan yang telah mereka peroleh. Pendidikan yang mereka peroleh tidak menjamin mereka untuk mendapat pekerjaan sesuai dengan jenjang pendidikan yang mereka jalani.
Oleh sebab itu, efisiensi perlu ditingkatkan untuk menghasilkan lulusan-lulusan yang berkualitas. Sehingga kualitas pendidikan juga meningkat. Dengan meningkatnya kualitas pendidikan maka kesejahteraan masyarakat pun meningkat, sehingga masalah-masalah di masyarakat, seperti pengangguran, kemiskinan, dan tindak kriminal dapat teratasi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar