PROGRAM TAHUNAN
TAHUN PELAJARAN
2012/2013
MATA PELAJARAN : Matematika
KELAS : X
SATUAN
PENDIDIKAN : SMA Negeri 8 Pekanbaru
JUMLAH
MINGGU SEMESTER 1
Nomor
|
Nama Bulan
|
Jumlah Minggu
|
1
2
3
4
5
6
7
|
Juli 2012
Agustus 2012
September 2012
Oktober 2012
Nopember 2012
Desember 2012
Januari 2013
|
5
4
5
4
4
5
4
|
|
J u m l a h
|
31
|
MINGGU
TIDAK EFEKTIF
Nomor
|
Uraian
|
Jumlah Minggu
|
1
2
3
4
5
6
7
8
9
|
Libur semester tahun ajaran
lalu
Masa Orientasi Siswa Kelas X
Mid Semester
Libur awal puasa
Libur Hari Raya Idul Fitri
Libur Natal dan Tahun Baru
Tes Sumatif
Libur Semester 1
Cadangan
|
2
1
1
1
2
1
1
1
2
|
|
J u m l a h
|
12
|
JUMLAH MINGGU EFEKTIF SEMESTER 1
Jumlah
minggu semester 1 – jumlah minggu tidak efektif semester 1
ð
31 – 12 = 19 minggu
JUMLAH JAM EFEKTIF SEMESTER 1
ð
19 x 4 jam pelajaran = 76 jam pelajaran (64 JP)
JUMLAH
MINGGU SEMESTER II
Nomor
|
Nama Bulan
|
Jumlah Minggu
|
1
2
3
4
5
6
7
|
Januari 2013
Februari 2013
Maret 2013
April 2013
Mei 2013
Juni 2013
Juli 2013
|
4
4
5
4
4
4
5
|
|
J u m l a h
|
30
|
MINGGU
TIDAK EFEKTIF
Nomor
|
Uraian
|
Jumlah Minggu
|
1
2
3
4
5
6
7
8
|
Waktu untuk
semester 1
Mid Semester
Ujian Prakek
kelas XII
Ujian Akhir
Nasional kelas XII
Tes Sumatif
Cadangan
Libur Semester
2
Tahun Ajaran
Baru 2013/2014
|
1
1
1
1
1
2
2
3
|
|
J u m l a h
|
12
|
JUMLAH MINGGU EFEKTIF RIIL SEMESTER
II
Jumlah
minggu semester II – jumlah minggu tidak efektif semester II
ð
31 – 12 = 19 minggu
JUMLAH JAM EFEKTIF SEMESTER II
ð
19 x 4 jam pelajaran = 76 jam pelajaran (60 JP)
PROGRAM
TAHUNAN MATERI PELAJARAN
MATA PELAJARAN : Matematika
KELAS : X
SATUAN PENDIDIKAN
: SMA Negeri 8 Pekanbaru
Smt
|
SK
|
KD
|
Materi Pokok
|
Alokasi Waktu (minggu)
|
Jumlah
Jam Pelajaran
(JP)
|
I
|
1.
Memecahkan masalah yang berkaitan dengan bentuk
pangkat, akar, dan logaritma
2.
Memecahkan masalah yang berkaitan dengan fungsi,
persamaan dan fungsi kuadrat, serta pertidaksamaan kuadrat
3.
Memecahkan masalah yang berkaitan dengan sistem
persamaan linear dann pertidaksamaan satu variabel
|
1.1
Menggunakan aturan pangkat, akar, dan logaritma
1.2
Melakukan manipulasi aljabar dalam perhitungan
yang melibatkan pangkat, akar, dan logaritma
2.1
Memahami konsep fungsi
2.2
Menggambar grafik fungsi aljabar sederhana dan
fungsi kuadrat
2.3
Menggunakan
sifat dan aturan tentang persamaan dan pertidaksamaan kuadrat
2.4
Melakukan manipulasi aljabar dalam perhitungan
yang berkaitan dengan persamaan dan pertidaksamaan kuadrat
2.5
Merancang model matematika dari masalah yang
berkaitan dengan persamaan dan/atau fungsi kuadrat
2.6
Menyelesaikan model matematika dari masalah yang
berkaitan dengan persamaan dan/atau fungsi kuadrat dan penafsirannya
3.1 Menyelesaikan sistem persamaan linear dan
sistem persamaan campuran linear dan kuadrat dalam dua variabel
3.2 Merancang model matematika dari masalah
yang berkaitan dengan sistem persamaan linear
3.3 Menyelesaikan model matematika dari masalah
ang berkaitan dengan sistem persamaan linear dan penafsirannya
3.4 Menyelesaikan pertidaksamaan satu variabel
yang melibatkan bentuk pecahan
3.5 Merancang model matematika dari masalah
yang berkaitan dengan pertidaksamaan satu variabel
3.6 Menyelesaikan model matematika dari masalah
yang berkaitan dengan pertidaksamaan satu variabel dan penafsirannya
|
1.
Bentuk pangkat, akar, dan logaritma
2.
Perhitungan pangkat, akar, dan logaritma
3.
Konsep fungsi
4.
Grafik fungsi
5.
Sifat dan aturan persamaan dan pertidaksamaan
kuadrat
6.
Perhitungan persamaan dan pertidaksamaan kuadrat
7.
Model matematika yang berkaitan dengan persamaan dan/atau fungsi kuadrat
8.
Model matematika dari masalah yang berkaitan
dengan persamaan dan/atau fungsi kuadrat dan penafsirannya
9.
Sistem persamaan linear dan sistem persamaan
campuran linear dan kuadrat
dalam dua variabel
10. Model
matematika dari masalah yang berkaitan dengan sistem persamaan linear
11. Model matematika
dari masalah yang berkaitan dengan sistem persamaan linear dan penafsirannya
12.
Pertidaksamaan satu variabel yang melibatkan
bentuk pecahan
13.
Model matematika dari masalah yang berkaitan
dengan pertidaksamaan satu variabel
14.
Model matematika dari masalah yang berkaitan
dengan pertidaksamaan satu variabel dan penafsirannya
§ Pengayaan dan
pembelajaran remedial
|
1
2
1
1
1
2
1
1
2
1
1
1
1
1
2
|
4
8
4
4
4
8
4
4
8
4
4
4
4
4
8
|
|
|
J u m l a h
|
19
|
76
|
|
II
|
4.
Menggunakan logika matematika dalam pemecahan
masalah yang berkaitan dengan pernyataan majemuk dan pernyataan berkuantor
5.
Menggunakan perbandingan, fungsi, persamaan, dan
identitas trigonometri dalam pemecahan masalah
6.
Menentukan kedudukan jarak, dan besar sudut yang
meibatkan titik, garis, dan bidang dalam ruang dimensi tiga
|
4.1 Memahami pernyataan dalam matematika dan ingkaran
atau negasinya
4.2 Menentukan nilai kebenaran dari suatu
pernyataan majemuk dan pernyataan berkuantor
4.3 Merumuskan pernyataan yang setara dengan
pernyataan majemuk atau pernyataan berkuantor yang diberikan
4.4 Menggunakan prinsip logika matematika yang
berkaitan dengan pernyataan majemuk dan pernyataan berkuantor dalam penarikan
kesimpulan dan pemecahan masalah
5.1 Melakukan manipulasi aljabar dalam
perhitungan teknis yang berkaitan dengan perbandingan, fungsi, persamaan dan
identitas trigonometri
5.2 Merancang model matematika dari masalah
yang berkaitan dengan perbandingan, fungsi, persamaan dan identitas
trigonometri
5.3 Menyelesaikan model matematika dari masalah
yang berkaitan dengan perbandingan, fungsi, persamaan dan identitas
trigonometri, dan penafsirannya
6.1 Menentukan kedudukan titik, garis, dan
bidang dalam ruang dimensi tiga
6.2 Menentukan jarak dari titik ke garis dan
dari titik ke bidang dalam ruang dimensi tiga
6.3 Menentukan besar sudut antara garis dan
bidang dan antara dua bidang dalam ruang dimensi tiga
|
1.
Pernyataan dalam matematika dan negasinya
2.
Nilai kebenaran dari pernyataan majemuk dan
berkuantor
3.
Pernyataan yang setara dengan pernyataan majemuk
atau pernyataan berkuantor
4.
Logika matematika yang berkaitan dengan pernyataan
majemuk dan pernyataan berkuantor
5.
Perhitungan yang berkaitan dengan perbandingan,
fungsi, persamaan dan identitas trigonometri
6.
Model matematika dari masalah yang berkaitan
dengan perbandingan, fungsi, persamaan dan identitas trigonometri
7.
Model matematika dari masalah yang berkaitan
dengan perbandingan, fungsi, persamaan dan identitas trigonometri
8.
Kedudukan titik, garis, dan bidang dalam dimensi
tiga
9.
Jarak dari titik ke garis dan dari titik ke bidang
dalam ruang dimensi tiga
10.
Besar sudut antara garis dan bidang dan antara dua
bidang dalam ruang dimensi tiga
§ Pengayaan dan
Pembelajaran Remedial
|
2
2
1
2
2
1
1
2
2
2
2
|
8
8
4
8
8
4
4
8
8
8
8
|
|
|
J u m l a h
|
19
|
76
|
Pekanbaru, Juli 2012
Mengetahui, Guru
Mata Pelajaran
Kepala Sekolah
Drs.
H. M. Musadirdja, M.Pd Riska
Perwati, S.Pd, M.Pd
NIP. 130787940 NIP.
131097381
PROGRAM
SEMESTER : I
TAHUN
PELAJARAN 2012/2013
MATA PELAJARAN : MATEMATIKA KELAS
: X
No
|
Standar
Kompetensi/ Kompetensi Dasar
|
Alokasi
Waktu
|
Bulan / Minggu
|
Ket
|
||||||||||||||||||||||||||||||
Juli
|
Agustus
|
September
|
Oktober
|
Nopember
|
Desember
|
Januari
|
||||||||||||||||||||||||||||
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
1
|
2
|
3
|
4
|
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
1
|
2
|
3
|
4
|
1
|
2
|
3
|
4
|
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
1
|
2
|
3
|
4
|
|
|||
1
|
Memecahkan
masalah yang berkaitan dengan bentuk pangkat, akar, dan logaritma
1.1
Menggunakan aturan pangkat, akar, dan logaritma
1.2
Melakukan manipulasi aljabar dalam perhitungan
yang melibatkan pangkat, akar, dan logaritma
·
Sub Sumatif 1
|
3
|
|
|
L
i
b
u
r
|
|
|
|
L
i
b
u
r
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
2
|
Memecahkan
masalah yang berkaitan dengan fungsi, persamaan dan fungsi kuadrat, serta
pertidaksamaan kuadrat
2.1
Memahami konsep fungsi
2.2
Menggambar grafik fungsi aljabar sederhana dan
fungsi kuadrat
2.3
Menggunakan
sifat dan aturan tentang persamaan dan pertidaksamaan kuadrat
2.4
Melakukan manipulasi aljabar dalam perhitungan
yang berkaitan dengan persamaan dan pertidaksamaan kuadrat
2.5
Merancang model matematika dari masalah yang
berkaitan dengan persamaan dan/atau fungsi kuadrat
2.6 Menyelesaikan model matematika dari masalah
yang berkaitan dengan persamaan dan/atau fungsi kuadrat dan penafsirannya
·
Sub Sumatif 2
|
7
|
|
|
|
|
|
|
|
L
i
b
u
r
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
3
|
Memecahkan
masalah yang berkaitan dengan sistem persamaan linear dann pertidaksamaan
satu variabel
3.1 Menyelesaikan sistem persamaan linear dan
sistem persamaan campuran linear dan kuadrat dalam dua variabel
3.2 Merancang model matematika dari masalah
yang berkaitan dengan sistem persamaan linear
3.3 Menyelesaikan model matematika dari masalah
ang berkaitan dengan sistem persamaan linear dan penafsirannya
3.4 Menyelesaikan pertidaksamaan satu variabel
yang melibatkan bentuk pecahan
3.5 Merancang model matematika dari masalah
yang berkaitan dengan pertidaksamaan satu variabel
3.6 Menyelesaikan model matematika dari masalah
yang berkaitan dengan pertidaksamaan satu variabel dan penafsirannya
·
Mid semester
·
Sub Sumatif 3
·
Pengayaan dan pemantapan materi
·
Sumatif semester 1
·
Penerimaan laporan hasil belajar
·
Libur semester I
|
7
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
U
A
S
|
|
|
|
LIBUR SMT 1
|
LIBUR SMT
1
|
A
W
A
L
S
M
T
2
|
|
|
|
Pekanbaru, Juli 2012
Mengetahui,
Guru Mata Pelajaran
Kepala Sekolah
Drs. H. M. Musadirdja, M.Pd Riska
Perwati, S.Pd, M.Pd
NIP. 130787940 NIP.
131097381
PROGRAM
SEMESTER : II
TAHUN
PELAJARAN 2012/2013
MATA PELAJARAN : MATEMATIKA KELAS
: X
No
|
Standar
Kompetensi/ Kompetensi Dasar
|
Alokasi Waktu
(minggu)
|
Bulan / Minggu
|
Ket
|
||||||||||||||||||||||||||||||
Januari
|
Februari
|
Maret
|
April
|
Mei
|
Juni
|
Juli
|
||||||||||||||||||||||||||||
1
|
2
|
3
|
4
|
1
|
2
|
3
|
4
|
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
1
|
2
|
3
|
4
|
1
|
2
|
3
|
4
|
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
|
|||
4
|
Menggunakan
logika matematika dalam pemecahan masalah yang berkaitan dengan pernyataan majemuk
dan pernyataan berkuantor
4.1 Memahami pernyataan dalam matematika dan ingkaran
atau negasinya
4.2 Menentukan nilai kebenaran dari suatu
pernyataan majemuk dan pernyataan berkuantor
4.3 Merumuskan pernyataan yang setara dengan
pernyataan majemuk atau pernyataan berkuantor yang diberikan
4.4 Menggunakan prinsip logika matematika yang
berkaitan dengan pernyataan majemuk dan pernyataan berkuantor dalam penarikan
kesimpulan dan pemecahan masalah
·
Sub Sumatif 1
|
7
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
5
|
Menggunakan
perbandingan, fungsi, persamaan, dan identitas trigonometri dalam pemecahan
masalah
5.1 Melakukan manipulasi aljabar dalam
perhitungan teknis yang berkaitan dengan perbandingan, fungsi, persamaan dan
identitas trigonometri
5.2 Merancang model matematika dari masalah
yang berkaitan dengan perbandingan, fungsi, persamaan dan identitas trigonometri
5.3 Menyelesaikan model matematika dari masalah
yang berkaitan dengan perbandingan, fungsi, persamaan dan identitas
trigonometri, dan penafsirannya
·
Sub Sumatif 2
|
4
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
6
|
Menentukan
kedudukan jarak, dan besar sudut yang meibatkan titik, garis, dan bidang
dalam ruang dimensi tiga
6.1 Menentukan kedudukan titik, garis, dan
bidang dalam ruang dimensi tiga
6.2 Menentukan jarak dari titik ke garis dan
dari titik ke bidang dalam ruang dimensi tiga
6.3 Menentukan besar sudut antara garis dan
bidang dan antara dua bidang dalam ruang dimensi tiga
·
Mid semester
·
Sub Sumatif 3
·
Pengayaan dan pemantapan materi
·
Sumatif semester II
·
Penerimaan laporan hasil belajar
·
Libur semester II
|
6
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
N
A
S
|
|
|
|
|
|
UAS
|
|
|
|
L
I
B
U
R
SM
T
2
|
L
I
B
U
R
SMT 2
|
|
|
|
|
Pekanbaru, Juli 2012
Mengetahui,
Guru Mata Pelajaran
Kepala Sekolah
Drs. H. M. Musadirdja, M.Pd Riska
Perwati, S.Pd, M.Pd
NIP. 130787940 NIP.
131097381
NICE POST......THANKS.......
BalasHapusTerima Kasih Pencerdasannya
BalasHapussama-sama, senang berbagi....
BalasHapusuntuk kelas 12 cara membagi alokasi waktunya?sesudah UNBK kan masih ada waktu KBM....
Hapusterimakasih kak
BalasHapusini toh yang namanya prosem dan prota, terima kasih ya mbak :D
BalasHapusterimakasih postingannya sangat membantu :)
BalasHapusmakasi... minta nopenya dongk..''
BalasHapusterimakasih banyak sangat bermanfaat dan sangat membantu untuk referensi saya
BalasHapusterimakasih, sangat membantu
BalasHapussilahkan berkunjung juga ke blog pembelajaran
http://pustakariyadi.blogspot.com
Wah terima kasih, blognya bermanfaat sekali buat saya
BalasHapus