Minggu, 02 Juni 2013

Contoh Silabus dan RPP


SILABUS PEMBELAJARAN

Nama Sekolah                       : SMA NEGERI 8 PEKANBARU
Mata Pelajaran                      : MATEMATIKA
Kelas/Program                      : X
Semester                                 : 1

STANDAR KOMPETENSI:
1. Memecahkan masalah yang berkaitan dengan bentuk pangkat, akar, dan logaritma.

KOMPETENSI DASAR
INDIKATOR
MATERI PEMBELAJARAN
KEGIATAN PEMBELAJARAN
PENILAIAN
WAKTU
SUMBER BELAJAR

1.1  Menggunakan aturan pangkat, akar, dan logaritma

















·     Mengubah bentuk pangkat negatif ke pangkat positif dan sebaliknya.

·     Mengubah bentuk akar ke bentuk pangkat dan sebaliknya.

·     Melakukan operasi aljabar pada bentuk pangkat, dan akar

·     Menyederhanakan bentuk aljabar yang memuat pangkat rasional
·     Merasionalkan bentuk akar

·     Mengubah bentuk pangkat ke bentuk logaritma dan sebaliknya.

·     Melakukan operasi aljabar dalam bentuk logaritma.

·     Menentukan syarat perpangkatan, penarikan akar dan logaritma


Bentuk Pangkat, Akar, dan Logaritma
·    Bentuk Pangkat
·    Bentuk Akar
·    Bentuk Logaritma

·     Menyimak pemahaman tentang bentuk pangkat, akar dan logaritma beserta keterkaitannya

·     Mendefinisikan bentuk pangkat, akar dan logaritma. 

·     Mendiskripsikan bentuk pangkat, akar dan logaritma, serta hubungan satu dengan lainnya.             

·     Mengaplikasikan rumus-rumus bentuk pangkat  

·     Mengaplikasikan rumus-rumus bentuk akar                       

·     Mengaplikasikan rumus-rumus bentuk logaritma                   









Metode :
§  Tugas Individu
§  Tugas Kelompok
§  Ulangan

Bentuk
Instrumen:
§  Kuiz
§  Tes Tertulis PG
§  Tes Tertulis Uraian

8 x 45’


















Sumber:
·  Buku Paket
·  Buku referensi lain

Alat:
·     Laptop
·     LCD


1.2  Melakukan manipulasi aljabar dalam perhitungan yang melibatkan pangkat, akar, dan logaritma


·       Menyederhanakan bentuk aljabar yang memuat bentuk pangkat, akar, dan logaritma

·       Membuktikan sifat-sifat sederhana tentang bentuk bentuk pangkat, akar, dan logaritma


·     Menggunakan konsep bentuk pangkat, akar, dan logaritma untuk menyelesaikan soal.


·     Melakukan pembuktian tentang sifat-sifat sederhana pada bentuk pangkat, akar dan  logaritma.           


Metode :
§  Tugas Individu
§  Tugas Kelompok
§  Ulangan

Bentuk
Instrumen:
§  Kuiz
§  Tes Tertulis PG
§  Tes Tertulis Uraian

4 x45’

Sumber:
·  Buku Paket
·  Buku referensi lain

Alat:
·     Laptop
·     LCD



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)

Sekolah                                   : SMA Negeri 8 Pekanbaru
Mata Pelajaran                        : Matematika
Kelas/Semester                       : X (sepuluh) / 1
Alokasi Waktu                       : 4 jam pelajaran (2 pertemuan)

A. Standar Kompetensi       : 1. Memecahkan masalah yang berkaitan dengan bentuk pangkat, akar, dan logaritma.

B. Kompetensi Dasar            : 1.1.Menggunakan aturan pangkat, akar, dan logaritma

C. Tujuan Pembelajaran      :
  • Pertemuan Pertama:
1.      Peserta didik mampu mengubah bentuk pangkat negatif ke pangkat positif dan sebaliknya
2.      Peserta didik mampu mengubah bentuk akar ke bentuk pangkat dan sebaliknya
  • Pertemuan Kedua:
1.      Peserta didik mampu melakukan operasi aljabar pada bentuk pangkat, akar, dan logaritma
2.      Peserta didik mampu menyederhanakan bentuk aljabar yang memuat pangkat rasional

D. Materi Pembelajaran      : Aturan pangkat, akar, dan logaritma

E. Model/Metode Pembelajaran :
       Model    :  Pembelajaran langsung dan kooperatif
       Metoda  :  Demonstrasi, penemuan, dan penugasan

F. Skenario/Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran

       Pertemuan pertama
                Kegiatan Pendahuluan
                Apersepsi : Mengemukakan pendapat peserta didik tentang pangkat, akar, dan logaritma
                Motivasi   : Apabila materi ini dikuasai dengan baik, maka akan dapat membantu  peserta didik dalam menyelesaikan masalah sehari-hari
               
                Kegiatan inti :
a.       Peserta didik membaca buku teks tentang bentuk pangkat, akar, dan logaritma
b.      Dengan tanya jawab, peserta didik diminta menyebutkan apa yang mereka ketahui tentang pangkat, akar, dan logaritma dari membaca buku teks tersebut.
c.       Guru menjelaskan tentang bentuk-bentuk pangkat positif dan negatif serta bentuk akar
d.      Guru memberikan contoh-contoh latihan yang mudah di pahami peserta didik
e.       Guru menjawab pertanyaan-pertanyaan peserta didik hingga mereka mengerti dan memahami materi tersebut
f.       Peserta didik bertanya yang tidak mereka pahami
g.      Peserta didik mengerjakan latihan-latihan pada buku teks
h.      Peserta didik berlomba menuliskan di papan tulis hasil latihan mereka dengan tertib

                 Kegiatan Penutup
a.       Peserta didik dan guru melakukan refleksi
b.      Guru memberikan tugas (PR)
c.       Guru menginformasikan kepada peserta didik bahwa pertemuan selanjutnya membahas tentang operasi pangkat, akar, dan logaritma

       Pertemuan Kedua
                 Kegiatan Pendahuluan
                 Apersepsi : Mengingat kembali bentuk-bentuk pangkat, akar, dan logaritma
                 Motivasi  : Banyak kegiatan sehari-hari yang berkaitan dengan bentuk pangkat, akar, dan logaritma

                 Kegiatan inti
a.       Guru menjelaskan tentang operasi aljabar pangkat, akar, dan logaritma
b.      Guru memberikan contoh-contoh latihan yang mudah di pahami peserta didik
c.       Peserta didik bertanya yang tidak mereka pahami
d.      Guru menjawab pertanyaan-pertanyaan peserta didik hingga mereka paham dan mengerti
e.       Peserta didik mengumpulkan PR 
f.       Peserta didik mengerjakan latihan-latihan pada buku teks dan LKS
g.      Peserta didik berlomba menuliskan di papan tulis hasil latihan mereka dengan tertib

                 Kegiatan Penutup
a.       Peserta didik dan guru melakukan refleksi
b.      Guru memberikan tugas (PR)
c.       Guru menginformasikan kepada peserta didik bahwa pertemuan selanjutnya akan membahas tentang manipulasi aljabar dalam perhitunan yang melibatkan pangkat, akar, dan logaritma.

G. Alat dan Sumber Belajar : Buku Teks dan LKS



H. Penilaian

Indikator Pencapaian Kompetensi
Teknik Penilaian
Bentuk Instrumen
Instrumen

1.    Mengubah bentuk pangkat negatif ke pangkat positif dan sebaliknya



2.    Mengubah bentuk akar ke bentuk pangkat dan sebaliknya


3.    Melakukan operasi aljabar pada bentuk pangkat, dan akar

4.    Menyederhanakan bentuk aljabar yang memuat pangkat rasional


Tes Tertulis


Uraian

1.      Tulislah bentuk-bentuk di bawah ini dalam bentuk pangkat positif!
a)      2-6
4-3
b)      a3b-2c-1
p2q-2r-3

2.       Nyatakan bilangan-bilangan berikut dalam bentuk pangkat!
a)      27
b)      50


3.      Sederhanakan bentuk-bentuk berikut ini!
a)      33 + 53 - 23
b)      43 - 12 + 27

4.      Sederhanakan bentuk-bentuk berikut ini!
a)      (7+5)(7-5)
b)      6 x 8



I.         Pedoman penskoran

No
Jawaban
Skor
1
  1. benar
  2. benar
2
3
2
  1. benar
  2. benar
2
2
3
  1. benar
  2. benar
2
2
4
  1. benar
  2. benar
2
2

Total skor
17



Perhitungan nilai akhir dalam skala 0-100, sebagai berikut :
Nilai akhir =  QUOTE    x skor ideal (100)

                                                                                                Pekanbaru,   Juli 2012

              Mengetahui,                                                               Guru Mata Pelajaran
           Kepala Sekolah


Drs. H. M. Musadirdja, M.Pd                                             Riska Perwati, S.Pd, M.Pd
           NIP. 130787940                                                               NIP. 131097381




                           

3 komentar: