SILABUS PEMBELAJARAN
Nama
Sekolah :
SMA NEGERI 8 PEKANBARU
Mata Pelajaran : MATEMATIKA
Kelas/Program : X
Semester : 1
STANDAR
KOMPETENSI:
1. Memecahkan masalah yang berkaitan dengan bentuk
pangkat, akar, dan logaritma.
KOMPETENSI DASAR
|
INDIKATOR
|
MATERI PEMBELAJARAN
|
KEGIATAN PEMBELAJARAN
|
PENILAIAN
|
WAKTU
|
SUMBER BELAJAR
|
|
1.1 Menggunakan aturan pangkat, akar,
dan logaritma
|
· Mengubah bentuk pangkat negatif ke pangkat
positif dan sebaliknya.
· Mengubah bentuk akar ke bentuk pangkat dan sebaliknya.
· Melakukan operasi aljabar pada bentuk
pangkat, dan akar
· Menyederhanakan bentuk aljabar yang
memuat pangkat rasional
· Merasionalkan bentuk akar
· Mengubah bentuk pangkat ke bentuk
logaritma dan sebaliknya.
· Melakukan operasi aljabar dalam bentuk
logaritma.
· Menentukan syarat perpangkatan,
penarikan akar dan logaritma
|
Bentuk Pangkat, Akar, dan Logaritma
·
Bentuk
Pangkat
·
Bentuk Akar
·
Bentuk
Logaritma
|
· Menyimak pemahaman tentang bentuk
pangkat, akar dan logaritma beserta keterkaitannya
· Mendefinisikan bentuk pangkat, akar dan
logaritma.
· Mendiskripsikan bentuk pangkat, akar dan
logaritma, serta hubungan satu dengan lainnya.
· Mengaplikasikan rumus-rumus bentuk
pangkat
· Mengaplikasikan rumus-rumus bentuk
akar
·
Mengaplikasikan
rumus-rumus bentuk logaritma
|
Metode :
§
Tugas
Individu
§
Tugas
Kelompok
§
Ulangan
Bentuk
Instrumen:
§
Kuiz
§
Tes
Tertulis PG
§
Tes
Tertulis Uraian
|
8 x 45’
|
Sumber:
· Buku Paket
· Buku referensi lain
Alat:
·
Laptop
·
LCD
|
|
1.2 Melakukan manipulasi aljabar dalam perhitungan
yang melibatkan pangkat, akar, dan logaritma
|
·
Menyederhanakan
bentuk aljabar yang memuat bentuk pangkat, akar, dan logaritma
·
Membuktikan
sifat-sifat sederhana tentang bentuk bentuk pangkat, akar, dan logaritma
|
|
·
Menggunakan
konsep bentuk pangkat, akar, dan logaritma untuk menyelesaikan soal.
·
Melakukan
pembuktian tentang sifat-sifat sederhana pada bentuk pangkat, akar dan logaritma.
|
Metode :
§
Tugas
Individu
§
Tugas
Kelompok
§
Ulangan
Bentuk
Instrumen:
§
Kuiz
§
Tes
Tertulis PG
§
Tes
Tertulis Uraian
|
4 x45’
|
Sumber:
· Buku Paket
· Buku referensi lain
Alat:
·
Laptop
·
LCD
|
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Sekolah : SMA Negeri
8 Pekanbaru
Mata
Pelajaran :
Matematika
Kelas/Semester : X (sepuluh) / 1
Alokasi Waktu : 4 jam pelajaran (2
pertemuan)
A. Standar
Kompetensi : 1. Memecahkan
masalah yang berkaitan dengan bentuk pangkat, akar, dan logaritma.
B. Kompetensi Dasar : 1.1.Menggunakan aturan pangkat,
akar, dan logaritma
C. Tujuan Pembelajaran :
- Pertemuan Pertama:
1.
Peserta didik
mampu mengubah bentuk pangkat negatif ke pangkat positif dan sebaliknya
2.
Peserta didik
mampu mengubah bentuk akar ke bentuk pangkat dan sebaliknya
- Pertemuan Kedua:
1.
Peserta didik
mampu melakukan operasi
aljabar pada bentuk pangkat, akar, dan logaritma
2.
Peserta didik
mampu menyederhanakan bentuk
aljabar yang memuat pangkat rasional
D. Materi
Pembelajaran : Aturan pangkat, akar, dan logaritma
E. Model/Metode
Pembelajaran :
Model :
Pembelajaran langsung dan kooperatif
Metoda :
Demonstrasi, penemuan, dan penugasan
F.
Skenario/Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran
Pertemuan pertama
Kegiatan Pendahuluan
Apersepsi : Mengemukakan
pendapat peserta didik tentang pangkat, akar, dan logaritma
Motivasi : Apabila materi ini dikuasai dengan baik,
maka akan dapat membantu peserta didik
dalam menyelesaikan masalah sehari-hari
Kegiatan inti :
a. Peserta didik membaca buku teks tentang bentuk
pangkat, akar, dan logaritma
b. Dengan tanya jawab, peserta didik diminta
menyebutkan apa yang mereka ketahui tentang pangkat, akar, dan logaritma dari
membaca buku teks tersebut.
c. Guru menjelaskan tentang bentuk-bentuk pangkat
positif dan negatif serta bentuk akar
d. Guru memberikan contoh-contoh latihan yang mudah
di pahami peserta didik
e. Guru menjawab pertanyaan-pertanyaan peserta didik
hingga mereka mengerti dan memahami materi tersebut
f. Peserta didik bertanya yang tidak mereka pahami
g. Peserta didik mengerjakan latihan-latihan pada
buku teks
h. Peserta didik berlomba menuliskan di papan tulis
hasil latihan mereka dengan tertib
Kegiatan
Penutup
a. Peserta didik dan guru melakukan refleksi
b. Guru memberikan tugas (PR)
c. Guru menginformasikan kepada peserta didik bahwa
pertemuan selanjutnya membahas tentang operasi pangkat, akar, dan logaritma
Pertemuan Kedua
Kegiatan
Pendahuluan
Apersepsi
: Mengingat kembali bentuk-bentuk pangkat, akar, dan logaritma
Motivasi : Banyak kegiatan sehari-hari yang berkaitan
dengan bentuk pangkat, akar, dan logaritma
Kegiatan inti
a. Guru menjelaskan tentang operasi aljabar pangkat,
akar, dan logaritma
b. Guru memberikan contoh-contoh latihan yang mudah
di pahami peserta didik
c. Peserta didik bertanya yang tidak mereka pahami
d. Guru menjawab pertanyaan-pertanyaan peserta didik
hingga mereka paham dan mengerti
e. Peserta didik mengumpulkan PR
f. Peserta didik mengerjakan latihan-latihan pada
buku teks dan LKS
g. Peserta didik berlomba menuliskan di papan tulis
hasil latihan mereka dengan tertib
Kegiatan
Penutup
a. Peserta didik dan guru melakukan refleksi
b. Guru memberikan tugas (PR)
c. Guru menginformasikan kepada peserta didik bahwa
pertemuan selanjutnya akan membahas tentang manipulasi aljabar dalam perhitunan
yang melibatkan pangkat, akar, dan logaritma.
G. Alat
dan Sumber Belajar : Buku Teks
dan LKS
H.
Penilaian
Indikator Pencapaian Kompetensi
|
Teknik Penilaian
|
Bentuk Instrumen
|
Instrumen
|
1. Mengubah bentuk pangkat negatif ke pangkat
positif dan sebaliknya
2. Mengubah bentuk akar ke bentuk pangkat dan
sebaliknya
3. Melakukan operasi aljabar pada bentuk
pangkat, dan akar
4. Menyederhanakan bentuk aljabar yang
memuat pangkat rasional
|
Tes Tertulis
|
Uraian
|
1.
Tulislah
bentuk-bentuk di bawah ini dalam bentuk pangkat positif!
a)
2-6
4-3
b)
a3b-2c-1
p2q-2r-3
2.
Nyatakan bilangan-bilangan berikut dalam
bentuk pangkat!
a)
√27
b)
√50
3.
Sederhanakan
bentuk-bentuk berikut ini!
a)
3√3 + 5√3 - 2√3
b)
4√3 - √12 + √27
4.
Sederhanakan
bentuk-bentuk berikut ini!
a)
(√7+√5)(√7-√5)
b)
√6 x √8
|
I.
Pedoman penskoran
No
|
Jawaban
|
Skor
|
1
|
|
2
3
|
2
|
|
2
2
|
3
|
|
2
2
|
4
|
|
2
2
|
|
Total skor
|
17
|
Perhitungan nilai akhir dalam skala 0-100, sebagai berikut :
Nilai akhir = QUOTE
x
skor ideal (100)
Pekanbaru, Juli 2012
Mengetahui, Guru
Mata Pelajaran
Kepala Sekolah
Drs. H. M. Musadirdja, M.Pd Riska
Perwati, S.Pd, M.Pd
NIP. 130787940 NIP.
131097381
Useful 👍
BalasHapusTerimKasih
BalasHapusTERIMA KASIH...
BalasHapusINI SANGAT MEMBANTU