Minggu, 02 Juni 2013

Contoh Program Tahunan dan Program Semester


PROGRAM TAHUNAN
TAHUN PELAJARAN 2012/2013

                                
                                 MATA PELAJARAN       : Matematika
                                 KELAS                               : X
                                 SATUAN PENDIDIKAN : SMA Negeri 8 Pekanbaru

JUMLAH MINGGU SEMESTER 1

Nomor
Nama Bulan
Jumlah Minggu
1
2
3
4
5
6
7
Juli 2012
Agustus 2012
September 2012
Oktober 2012
Nopember 2012
Desember 2012
Januari 2013
5
4
5
4
4
5
4

J u m l a h
31

MINGGU TIDAK EFEKTIF

Nomor
Uraian
Jumlah Minggu
1
2
3
4
5
6
7
8
9

Libur semester tahun ajaran lalu
Masa Orientasi Siswa Kelas X
Mid Semester
Libur awal puasa
Libur Hari Raya Idul Fitri
Libur Natal dan Tahun Baru
Tes Sumatif
Libur Semester 1
Cadangan
2
1
1
1
2
1
1
1
2

 J u m l a h
12

JUMLAH MINGGU EFEKTIF SEMESTER 1
          Jumlah minggu semester 1 – jumlah minggu tidak efektif semester 1
          ð 31 – 12 = 19 minggu
JUMLAH JAM EFEKTIF SEMESTER 1
          ð 19 x 4 jam pelajaran = 76 jam pelajaran (64 JP)


JUMLAH MINGGU SEMESTER II

Nomor
Nama Bulan
Jumlah Minggu
1
2
3
4
5
6
7
Januari 2013
Februari 2013
Maret 2013
April 2013
Mei 2013
Juni 2013
Juli 2013
4
4
5
4
4
4
5

 J u m l a h
30

MINGGU TIDAK EFEKTIF

Nomor
Uraian
Jumlah Minggu
1
2
3
4
5
6
7
8

Waktu untuk semester 1
Mid Semester
Ujian Prakek kelas XII
Ujian Akhir Nasional kelas XII
Tes Sumatif
Cadangan
Libur Semester 2
Tahun Ajaran Baru 2013/2014
1
1
1
1
1
2
2
3

 J u m l a h
12

JUMLAH MINGGU EFEKTIF RIIL SEMESTER II
          Jumlah minggu semester II – jumlah minggu tidak efektif semester II
          ð 31 – 12 = 19 minggu

JUMLAH JAM EFEKTIF SEMESTER II
          ð 19 x 4 jam pelajaran = 76 jam pelajaran (60 JP)


PROGRAM TAHUNAN MATERI PELAJARAN
                         
                               MATA PELAJARAN : Matematika
                               KELAS                          : X
                               SATUAN PENDIDIKAN         : SMA Negeri 8 Pekanbaru

Smt
SK
KD
Materi Pokok
Alokasi Waktu (minggu)
Jumlah Jam Pelajaran
 (JP)
I
1.      Memecahkan masalah yang berkaitan dengan bentuk pangkat, akar, dan logaritma




2.     Memecahkan masalah yang berkaitan dengan fungsi, persamaan dan fungsi kuadrat, serta pertidaksamaan kuadrat



























3.      Memecahkan masalah yang berkaitan dengan sistem persamaan linear dann pertidaksamaan satu variabel
1.1  Menggunakan aturan pangkat, akar, dan logaritma
1.2  Melakukan manipulasi aljabar dalam perhitungan yang melibatkan pangkat, akar, dan logaritma

2.1  Memahami konsep fungsi
2.2  Menggambar grafik fungsi aljabar sederhana dan fungsi kuadrat
2.3   Menggunakan sifat dan aturan tentang persamaan dan pertidaksamaan kuadrat
2.4  Melakukan manipulasi aljabar dalam perhitungan yang berkaitan dengan persamaan dan pertidaksamaan kuadrat
2.5  Merancang model matematika dari masalah yang berkaitan dengan persamaan dan/atau fungsi kuadrat
2.6  Menyelesaikan model matematika dari masalah yang berkaitan dengan persamaan dan/atau fungsi kuadrat dan penafsirannya

3.1  Menyelesaikan sistem persamaan linear dan sistem persamaan campuran linear dan kuadrat dalam dua variabel
3.2  Merancang model matematika dari masalah yang berkaitan dengan sistem persamaan linear
3.3  Menyelesaikan model matematika dari masalah ang berkaitan dengan sistem persamaan linear dan penafsirannya
3.4  Menyelesaikan pertidaksamaan satu variabel yang melibatkan bentuk pecahan
3.5  Merancang model matematika dari masalah yang berkaitan dengan pertidaksamaan satu variabel
3.6  Menyelesaikan model matematika dari masalah yang berkaitan dengan pertidaksamaan satu variabel dan penafsirannya


1.      Bentuk pangkat, akar, dan logaritma

2.      Perhitungan pangkat, akar, dan logaritma





3.      Konsep fungsi

4.      Grafik fungsi



5.      Sifat dan aturan persamaan dan pertidaksamaan kuadrat


6.      Perhitungan persamaan dan pertidaksamaan kuadrat




7.      Model matematika yang berkaitan dengan  persamaan dan/atau fungsi kuadrat


8.      Model matematika dari masalah yang berkaitan dengan persamaan dan/atau fungsi kuadrat dan penafsirannya



9.      Sistem persamaan linear dan sistem persamaan campuran linear dan kuadrat
dalam dua variabel


10.  Model matematika dari masalah yang berkaitan dengan sistem persamaan linear

11.  Model matematika dari masalah yang berkaitan dengan sistem persamaan linear dan penafsirannya

12.  Pertidaksamaan satu variabel yang melibatkan bentuk pecahan

13.  Model matematika dari masalah yang berkaitan dengan pertidaksamaan satu variabel

14.   Model matematika dari masalah yang berkaitan dengan pertidaksamaan satu variabel dan penafsirannya

§  Pengayaan dan pembelajaran remedial
1


2






1

1



1





2







1






1








2






1





1






1




1





1






2

4


8






4

4



4





8







4






4








8






4





4






4




4





4






8




J u m l a h
19
76
II
4.      Menggunakan logika matematika dalam pemecahan masalah yang berkaitan dengan pernyataan majemuk dan pernyataan berkuantor



















5.      Menggunakan perbandingan, fungsi, persamaan, dan identitas trigonometri dalam pemecahan masalah


















6.  Menentukan kedudukan jarak, dan besar sudut yang meibatkan titik, garis, dan bidang dalam ruang dimensi tiga

4.1  Memahami pernyataan dalam matematika dan ingkaran atau negasinya
4.2  Menentukan nilai kebenaran dari suatu pernyataan majemuk dan pernyataan berkuantor
4.3  Merumuskan pernyataan yang setara dengan pernyataan majemuk atau pernyataan berkuantor yang diberikan
4.4  Menggunakan prinsip logika matematika yang berkaitan dengan pernyataan majemuk dan pernyataan berkuantor dalam penarikan kesimpulan dan pemecahan masalah

5.1  Melakukan manipulasi aljabar dalam perhitungan teknis yang berkaitan dengan perbandingan, fungsi, persamaan dan identitas trigonometri
5.2  Merancang model matematika dari masalah yang berkaitan dengan perbandingan, fungsi, persamaan dan identitas trigonometri
5.3  Menyelesaikan model matematika dari masalah yang berkaitan dengan perbandingan, fungsi, persamaan dan identitas trigonometri, dan penafsirannya

6.1  Menentukan kedudukan titik, garis, dan bidang dalam ruang dimensi tiga
6.2  Menentukan jarak dari titik ke garis dan dari titik ke bidang dalam ruang dimensi tiga
6.3  Menentukan besar sudut antara garis dan bidang dan antara dua bidang dalam ruang dimensi tiga

1.      Pernyataan dalam matematika dan negasinya


2.      Nilai kebenaran dari pernyataan majemuk dan berkuantor



3.      Pernyataan yang setara dengan pernyataan majemuk atau pernyataan berkuantor



4.      Logika matematika yang berkaitan dengan pernyataan majemuk dan pernyataan berkuantor







5.      Perhitungan yang berkaitan dengan perbandingan, fungsi, persamaan dan identitas trigonometri




6.      Model matematika dari masalah yang berkaitan dengan perbandingan, fungsi, persamaan dan identitas trigonometri


7.      Model matematika dari masalah yang berkaitan dengan perbandingan, fungsi, persamaan dan identitas trigonometri




8.      Kedudukan titik, garis, dan bidang dalam dimensi tiga


9.      Jarak dari titik ke garis dan dari titik ke bidang dalam ruang dimensi tiga

10.  Besar sudut antara garis dan bidang dan antara dua bidang dalam ruang dimensi tiga

§  Pengayaan dan Pembelajaran Remedial
2




2





1







2











2








1







1









2




2




2





2

8




8





4







8











8








4







4









8




8




8





8




J u m l a h
19
76



                                                                                                Pekanbaru,   Juli 2012

              Mengetahui,                                                               Guru Mata Pelajaran
           Kepala Sekolah


Drs. H. M. Musadirdja, M.Pd                                             Riska Perwati, S.Pd, M.Pd
           NIP. 130787940                                                               NIP. 131097381

PROGRAM SEMESTER : I
TAHUN PELAJARAN 2012/2013

MATA PELAJARAN : MATEMATIKA                                                                                                                                        KELAS : X
No
Standar Kompetensi/ Kompetensi Dasar
Alokasi Waktu
Bulan / Minggu
Ket
Juli
Agustus
September
Oktober
Nopember
Desember
Januari
1
2
3
4
5
1
2
3
4
1
2
3
4
5
1
2
3
4
1
2
3
4
1
2
3
4
5
1
2
3
4

1
Memecahkan masalah yang berkaitan dengan bentuk pangkat, akar, dan logaritma
1.1  Menggunakan aturan pangkat, akar, dan logaritma
1.2  Melakukan manipulasi aljabar dalam perhitungan yang melibatkan pangkat, akar, dan logaritma
·         Sub Sumatif 1
3


L
i
b
u
r


L
i
b
u
r

























2
Memecahkan masalah yang berkaitan dengan fungsi, persamaan dan fungsi kuadrat, serta pertidaksamaan kuadrat
2.1  Memahami konsep fungsi
2.2  Menggambar grafik fungsi aljabar sederhana dan fungsi kuadrat
2.3   Menggunakan sifat dan aturan tentang persamaan dan pertidaksamaan kuadrat
2.4  Melakukan manipulasi aljabar dalam perhitungan yang berkaitan dengan persamaan dan pertidaksamaan kuadrat
2.5  Merancang model matematika dari masalah yang berkaitan dengan persamaan dan/atau fungsi kuadrat
2.6  Menyelesaikan model matematika dari masalah yang berkaitan dengan persamaan dan/atau fungsi kuadrat dan penafsirannya
·         Sub Sumatif 2
7







L
i
b
u
r























3
Memecahkan masalah yang berkaitan dengan sistem persamaan linear dann pertidaksamaan satu variabel
3.1  Menyelesaikan sistem persamaan linear dan sistem persamaan campuran linear dan kuadrat dalam dua variabel
3.2  Merancang model matematika dari masalah yang berkaitan dengan sistem persamaan linear
3.3  Menyelesaikan model matematika dari masalah ang berkaitan dengan sistem persamaan linear dan penafsirannya
3.4  Menyelesaikan pertidaksamaan satu variabel yang melibatkan bentuk pecahan
3.5  Merancang model matematika dari masalah yang berkaitan dengan pertidaksamaan satu variabel
3.6  Menyelesaikan model matematika dari masalah yang berkaitan dengan pertidaksamaan satu variabel dan penafsirannya
·         Mid semester
·         Sub Sumatif 3
·         Pengayaan dan pemantapan materi
·         Sumatif semester 1
·         Penerimaan laporan hasil belajar
·         Libur semester I
7























U

A

S



LIBUR  SMT 1
LIBUR  SMT  1
A
W
A
L

S
M
T
2




                                                                                                                                                        Pekanbaru,   Juli 2012
                       Mengetahui,                                                                                                              Guru Mata Pelajaran
                    Kepala Sekolah


          Drs. H. M. Musadirdja, M.Pd                                                                                       Riska Perwati, S.Pd, M.Pd
                    NIP. 130787940                                                                                                              NIP. 131097381

PROGRAM SEMESTER : II
TAHUN PELAJARAN 2012/2013
MATA PELAJARAN : MATEMATIKA                                                                                                                                        KELAS : X
No
Standar Kompetensi/ Kompetensi Dasar
Alokasi Waktu
(minggu)
Bulan / Minggu
Ket
Januari
Februari
Maret
April
Mei
Juni
Juli
1
2
3
4
1
2
3
4
1
2
3
4
5
1
2
3
4
1
2
3
4
1
2
3
4
5
1
2
3
4
5

4
Menggunakan logika matematika dalam pemecahan masalah yang berkaitan dengan pernyataan majemuk dan pernyataan berkuantor
4.1  Memahami pernyataan dalam matematika dan ingkaran atau negasinya
4.2  Menentukan nilai kebenaran dari suatu pernyataan majemuk dan pernyataan berkuantor
4.3  Merumuskan pernyataan yang setara dengan pernyataan majemuk atau pernyataan berkuantor yang diberikan
4.4  Menggunakan prinsip logika matematika yang berkaitan dengan pernyataan majemuk dan pernyataan berkuantor dalam penarikan kesimpulan dan pemecahan masalah
·         Sub Sumatif 1
7































5
Menggunakan perbandingan, fungsi, persamaan, dan identitas trigonometri dalam pemecahan masalah
5.1  Melakukan manipulasi aljabar dalam perhitungan teknis yang berkaitan dengan perbandingan, fungsi, persamaan dan identitas trigonometri
5.2  Merancang model matematika dari masalah yang berkaitan dengan perbandingan, fungsi, persamaan dan identitas trigonometri
5.3  Menyelesaikan model matematika dari masalah yang berkaitan dengan perbandingan, fungsi, persamaan dan identitas trigonometri, dan penafsirannya
·         Sub Sumatif 2
4































6
Menentukan kedudukan jarak, dan besar sudut yang meibatkan titik, garis, dan bidang dalam ruang dimensi tiga
6.1  Menentukan kedudukan titik, garis, dan bidang dalam ruang dimensi tiga
6.2  Menentukan jarak dari titik ke garis dan dari titik ke bidang dalam ruang dimensi tiga
6.3  Menentukan besar sudut antara garis dan bidang dan antara dua bidang dalam ruang dimensi tiga
·         Mid semester
·         Sub Sumatif 3
·         Pengayaan dan pemantapan materi
·         Sumatif semester II
·         Penerimaan laporan hasil belajar
·         Libur semester II
6















U
N
A
S






UAS



L
I
B
U
R

SM
T

2
L
I
B
U
R SMT 2





                                                                                                                                                        Pekanbaru,   Juli 2012
                       Mengetahui,                                                                                                              Guru Mata Pelajaran
                    Kepala Sekolah


          Drs. H. M. Musadirdja, M.Pd                                                                                       Riska Perwati, S.Pd, M.Pd
                    NIP. 130787940                                                                                                              NIP. 131097381



11 komentar:

  1. Balasan
    1. untuk kelas 12 cara membagi alokasi waktunya?sesudah UNBK kan masih ada waktu KBM....

      Hapus
  2. ini toh yang namanya prosem dan prota, terima kasih ya mbak :D

    BalasHapus
  3. terimakasih postingannya sangat membantu :)

    BalasHapus
  4. makasi... minta nopenya dongk..''

    BalasHapus
  5. terimakasih banyak sangat bermanfaat dan sangat membantu untuk referensi saya

    BalasHapus
  6. terimakasih, sangat membantu
    silahkan berkunjung juga ke blog pembelajaran
    http://pustakariyadi.blogspot.com

    BalasHapus
  7. Wah terima kasih, blognya bermanfaat sekali buat saya

    BalasHapus